Hama Keong Mas pada Tanaman Padi dan Teknik Pengendaliannya


Keong mas (Pomacea canaliculata) adalah salah satu hama penting dalam budidaya tanaman padi. Hama ini merusak tanaman padi yang baru ditanam dengan cara memarut jaringan tanaman lalu memakannya. Kerusakan yang ditimbulkan hama ini dapat menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh. Pada tingkat serangan yang tinggi, keong mas dapat membuat 80% tanaman padi yang baru ditanam harus disulam kembali.

Saat-saat penting untuk mengendalikan keong mas adalah pada 10 hari pertama untuk padi tanam pindah dan sebelum tanaman berumur 21 hari pada sistem tabela (tanam benih secara langsung).

SIKLUS HIDUP

Perkembangan keong mas sangatlah cepat. Dari fase telur hingga menjadi keong mas dewasa hanya dibutuhkan waktu sekitar 45 sd 60 hari.

Perkembangbiakan keong mas diawali dari peletakan telur oleh keong mas dewasa di batang tanaman padi, batang kayu, atau rerumputan. Sekali bertelur, keong mas dewasa menghasilkan hingga 1000 butir telur. Dari semua telur yang dihasilkan, 50%-nya akan menetas setelah 7 sd 14 hari. Telur menetas dan tumbuh menjadi keong mas kecil pada usia 15 sd 25 hari. Kemudian, ia akan terus tumbuh menjadi keong mas dewasa yang siap berkembang biak kembali setelah usia49 sd 59 hari.

SIKLUS HIDUP KEONG MAS
Sumber : distan.jogjaprov.go.id

Keong mas dewasa memiliki masa hidup selama 3 tahun. Ia menyukai lingkungan berair dengan suhu 10 sd 35 derajat C. Adapun saat musim kemarau, ia akan membenamkan diri ke dalam tanah untuk bertahan hidup. Pada saat musim hujan datang, ia akan kembali ke permukaan bersamaan dengan proses pengolahan tanah yang dilakukan petani.

PENGENDALIAN KEONG MAS

Pengendalian keong mas sebaiknya dilakukan secara terpadu. Artinya, pengendalian tetap harus dilakukan meskipun padi telah berumur > 30 HST. Tujuannya adalah agar serangan hama ini di musim tanam berikutnya dapat diminimalkan. Pengendalian keong mas secara terpadu meliputi beberapa cara, di antaranya yaitu:

1. Pemungutan telur

Pemungutan telur keong mas adalah langkah pengendalian yang paling tepat dilakukan saat serangan hama keong mas belum merajalela. Telur keong mas dapat ditemukan di batang atau daun padi yang baru di tanam atau di sekitar pematang sawah saat tanaman padi belum ditanam. Pemungutan dan pemusnahan telur keong mas dapat mengendalikan serangan secara efektif, terutama bila dilakukan secara bersama-sama dalam hamparan yang luas.

PENGENDALIAN KEONG MAS
Sumber : 8villages.com

2. Pengelolaan air

Keong mas akan aktif pada lingkungan air yang menggenang. Oleh karenanya, perataan tanah saat proses olah tanah, serta pengeringan sawah pada masa awal penanaman padi akan mampu mengendalikan serangan hama ini.

Pembuatan parit kecil selebar 15 sd 25 cm dengan dalam 5 cm di dekat pematang sawah juga diperlukan untuk membantu pengeringan sawah berjalan lebih cepat. Parit kecil ini juga dapat menjadi titik fokus keberadaan keong mas yang kemudian bisa dipungut dan dimusnahkan.

PENGENDALIAN TEKNIS KEONG MAS
Sumber : Dok. Penulis

3. Penggunaan umpan

Keong mas dewasa akan tertarik pada umpan dedaunan yang diletakan di sekeliling sawah atau di dekat saluran air. Dedaunan yang dapat dijadikan umpan di antaranya daun pisang, pepaya, dan kalikriya. Biasanya 1 hari setelah umpan dedaunan ini diletakan, keong mas dewasa yang ada di persawahan akan berkumpul untuk kemudian dapat dipungut dan dimusnahkan.

4. Pemanfaatan musuh alami

Telur keong mas dan keong mas kecil adalah makanan kesukaan bagi bebek. Oleh karena itu, kita juga bisa memanfaatkan bebek sebagai musuh alami dalam pengendalian keong mas. Bebek dapat diangon di area sawah pada saat persiapan lahan tahap akhir atau ketika tanaman padi telah tumbuh cukup besar yaitu setelah 30 HST.

5. Pengendalian secara kimia

Pengendalian kimia dapat dijadikan alternatif terakhir bila pengendalian dengan cara lainnya tidak memberikan hasil maksimal. Pengendalian keong mas secara kimia dapat dilakukan dengan penggunaan pestisida yang berbahan aktif Niclos Amida dan Deris. Sebaiknya dipilih produk-produk yang tersedia di toko pertanian yang memiliki kadar racun rendah terhadap manusia dan lingkungan.

Sumber Pustaka

  1. Layanan Informasi Desa. Cara Mengendalikan Hama Keong Mas. Link : http://8villages.com/full/petani/article/id/5bf61ebc5a1f267709fab20d. Diakses 5 Mei 2019.
  2. Badan Litbang Kementerian Pertanian. Upaya Pengendalian Hama Keong Mas. Link : http://www.litbang.pertanian.go.id/info-aktual/1629/. Diakses 5 Mei 2019.
  3. DISTAN Jogjakarta. Teknik Mengendalikan Keong Mas Pada Tanaman Padi. Link : https://kabartani.com/pemanfaatan-bau-busuk-untuk-pengendalian-hama-walang-sangit.html. Diakses 5 Mei 2019.


Unduh materi ini dalam bentuk leaflet dan booklet pada link di bawah ini!

Leaflet Booklet

0 Response to "Hama Keong Mas pada Tanaman Padi dan Teknik Pengendaliannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel