Ini Panduan Sederhana Pengoperasian Polycom di Android : Generasi Kolonial Pasti Bisa!

Hallo rekan-rekan BPP dimanapun berada! Bagaimana dengan acara tahun baru-an kemarin? Cukup menyenangkan?

Semoga saja “yes” ya! Karena, dengan begitu, harapannya, resolusi 2020 ini nantinya bisa kita wujudkan dengan awal yang riang gembira.

Di post kali ini, izinkan saya menyampaikan panduan sederhana tentang pengoperasian Polycom versi Android, mulai dari cara instal, pengaturan awal, join ke room, dan melakukan panggilan ke akun Polycom lain secara personal.

Panduan ini saya buat serinci mungkin dan dilengkapi dengan gambar, sehingga bisa diikuti, BAHKAN ..... oleh rekan-rekan dari generasi yang masa kecilnya menjadi penyuka serial “Bionic Woman” sekalipun. Hehehe!

Oh ya! Bukan bermaksud mengajari ya! Post ini saya buat tujuannya tak lebih dari sekedar ajang berbagi apa yang saya peroleh dari rekan-rekan widyaiswara di Bapeltan Lampung pas pelatihan beberapa waktu lalu.

Semoga kita bisa sama-sama belajar dan bisa turut mensukseskan program Kostratani yang diamanahkan ke BPP kita.
___

Oke langsung saja ya, kita mulai dari apa itu Polycom!

1. Polycom? Aplikasi Apaan Sih!

Sejauh yang saya pahami, Polycom adalah salah satu software berbayar yang berfungsi untuk melakukan video conference. Sama seperti Webex Could Meeting dan Zoom Could Meeting yang mungkin sudah pernah rekan-rekan pelajari beberapa waktu lalu.

Kelebihan yang saya rasakan dari software Polycom ini adalah kualitas video conference cenderung lebih stabil dan delay-nya juga terbilang sangat pendek jika dibandingkan Webex dan Zoom (versi gratis).

Ya, wajarlah ya. Namanya juga berbayar. Hehe.

Next...
Polycom tersedia dalam versi Android dan juga versi PC.

Daaaan.... dengan senang hati saya akan bantu jelaskan satu persatu!

Hanya saja, khusus pada posting kali ini, saya hanya akan fokus pada Polycom versi Android.

2. Polycom versi Android : Video Converence dalam Genggaman!

Versi Android Polycom terbilang sangat cocok dan wajib diinstal oleh rekan-rekan Kepala BPP.

Sewaktu-waktu, rekan-rekan bisa akses video conference Polycom dimanapun berada.

Selain itu, Polycom versi Android ini juga bisa jadi alternatif pada kondisi-kondisi tak terduga,

..... misalnya

Jika pas kebetulan ada video conference yang dijadwalkan:
listrik padam dan laptop belum di-charge, atau laptop sudah di-charge tapi baterainya soak, atau kemungkinan-kemungkinan pahit lainnya yang sangat mungkin terjadi di alam yang dinamis ini. Hahaha!


a. Cara Instal Polycom di Android

Oke langsung saja ya!

Catatan : Ada baiknya langkah-langkah ini langsung dipraktikan supaya rekan-rekan bisa lebih mudah memahaminya!
Untuk versi Android, rekan-rekan bisa unduh dan instal dengan masukan kata kunci "Realpresence Mobile - Phone" di kotak pencarian Google Play Store. Pilih pilihan yang paling atas, tepatnya yang developernya Polycom .Inc atau gampangnya klik LINK ini saja.

Setelah terinstal di android rekan-rekan, selanjutnya buka aplikasi tersebut dan kerjakan langkah-langkah berikut secara runut untuk melakukan pengaturan awal:

1. Sesaat setelah aplikasi Polycom dibuka, akan muncul permintaan persetujuan akses mikrophon, kamera, dan lain sebagainya. Selalu klik "Izinkan".
2. Berikutnya, akan muncul permintaan lagi. Kali ini permintaan persetujuan “End User License Agreement”. Kalau sempet dan ngerti, teksnya dibaca dulu. Tapi kalau nggak mudeng dan daripada mabok, mending langsung centang saja bagian “I accept the Polycom Real Presence Mobile End User License Agreement", kemudian klik “OK”.
3. Berikutnya, akan ada form yang harus diisi dengan email kita. Isi form tersebut dengan email rekan-rekan. Boleh email yang berdomain gmail.com, tapi (jika ada) disarankan jenis email yang telah terdaftar pada sistem Polycom. Kemudian klik “Next”.

4. Selanjutnya, rekan-rekan harus mengisi alamat server yang akan digunakan untuk video conference. Dalam kaitannya dengan kostratani, server yang digunakan sementara ini adalah vc.pertanian.go.id.
5. Akan ada jendela munculan yang memperingatkan sertifikat keamanan server yang tidak terpercaya. Namun, percayai saja dengan klik “OK”.
6. Langkah terakhir adalah kita harus memasukan username dan password Polycom yang telah dibuatkan oleh administrator. Pastikan dalam pengisian username dan Password ini dilakukan dengan benar; mulai dari huruf kapital, simbol, dan karakter lainnya. Jika sudah, berikutnya klik “Sign In”.

Catatan:
Jika saat login, muncul error yang bertulis “Invalid username or password” itu tandanya ada karakter yang tidak benar dalam username dan password yang kita inputkan. Coba ulangi! Jika masih invalid, coba tambahkan frase “pertanian\” (tanpa tanda petik) di bagian depan username. Jika masih invalid juga, hubungi administrator! 
Jika saat login, muncul error yang bertulis “License not avaliable” atau “Server not respond” itu tandanya kemungkinan sudah ada banyak akun Polycom yang login, sehingga server tidak mampu lagi menampung kita dalam kapasitas muatan yang tersedia. Saya sendiri sering menemukan peringatan ini antara pukul 9.00 sd 14.00.

7. Oke, sampai disini, saya anggap proses login tidak ada masalah ya! Gampang banget khan?

Lanjut...

b. Cara Join ke Room

Setelah bisa log in tanpa hambatan yang berarti, maka selanjutnya rekan-rekan akan dihadapkan pada tampilan layar seperti ditunjukan gambar di bawah ini.

Untuk memulai video conference, kita perlu bergabung ke dalam room yang sudah ditentukan. Room yang sudah saya coba dan berhasil di antaranya 100, 200, dan 300.

Melalui room-room ini, beberapa kali saya mencoba bergabung dengan video conference bersama rekan-rekan di BPP wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

Untuk bergabung atau join ke dalam room, kita cukup mengetikan angka room-nya. Lalu, tekan tombol hijau.

Tunggu beberapa saat hingga muncul suara wanita berbahasa Inggris yang bisa kita abaikan. Biarkan sejenak dan kita pun bisa memulai video conference dengan rekan-rekan BPP dari seluruh Nusantara yang sama-sama join ke dalam room.

Sesederhana itu memang!

Catatan : Ada kalanya permintaan kita untuk masuk ke dalam room-room ini mengalami kegagalan (muncul peringatan “Far and ...... [saya lupa tulisannya!]”). Prediksi saya, hal itu bisa terjadi karena jumlah akun yang masuk ke dalam room sudah mencapai batas kapasitasnya. Jika demikian, pastikan untuk ulangi join kembali beberapa saat sampai ada akun dalam room yang keluar, pergi meninggalkan room.

c. Cara Melakukan Panggilan antar Pengguna

Selain bisa bergabung ke dalam room, TERNYATA kita juga bisa melakukan panggilan video secara personal ke akun Polycom lain dalam satu server.

Fasilitas ini dapat rekan-rekan gunakan untuk berkomunikasi 2 arah antar BPP, tanpa ada akun lain yang bisa ikut dalam video conference.

Ingin tahu caranya?

Sekali lagi, dengan senang hati saya akan bantu jelaskan!

Pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui nomor SIP atau nomor H.232 dari akun Polycom BPP yang akan dihubungi.

SIP?? H.232?? ......... Uopooo Iki !???

Sekilas saja, SIP (Session Initiation Protocol) dan H.232 adalah dua jenis protokol VoIP yang paling sering digunakan dalam transmisi pesan melalui jaringan data atau internet protocol.

Keduanya memiliki perbedaan mendasar yaitu, H.323 menggunakan format binary, sedangkan SIP menggunakan format text (ASCII) dalam hal data atau pesan yang ditransmisikan. STOP!!!

Cara untuk mengetahui nomor SIP dan H.232 sebuah akun adalah sebagai berikut:
  1. Klik SIP pada pilihan yang ada di atas papan nomor.
  2. Klik bagian titik 3 di kanan atas layar; lalu, pilih “Status
  3. Akan muncul keterangan tentang status akun. Lihat di bagian My Number! Disitu akan muncul keterangan nomor SIP dan H.232 dari akun kita yang kemudian bisa kita informasikan ke teman BPP yang akan menghubungi kita.

Sepengetahuan saya, nomor SIP tidak akan berubah, sementara nomor H.232 akan selalu berubah, seiring pergantian aktivitas login. Oleh karena itu, akan lebih mudah bila kita menggunakan nomor SIP saja sebagai patokan.

Lantas, bagaimana untuk melakukan panggilan video ke rekan BPP lain yang sudah kita ketahui nomor SIP dan H.232-nya. Berikut caranya:


  1. Pada tampilan awal setelah login, pilih jenis transmisi atau jenis nomor yang akan digunakan. Sebagai contoh, saya gunakan yang nomor SIP saja!
  2. Berikutnya, klik ikon keyboard untuk memunculkan keybord, lalu, ketikan nomor SIP yang akan dihubungi dengan benar.
  3. Tekan tombol hijau dan biarkan beberapa saat hingga rekan BPP yang kita hubungi mengangkat panggilan video kita.

3. Konklusi

Haduh!! Ngomong-ngomong, artikel ini sudah panjang sekali ya kayaknya! Sudah hampir 1.300 kata lho!

Sebagai konklusi, saya berharap, artikel ini bermanfaat untuk rekan-rekan semua.

Perlu juga diingat bahwa video converence dengan Polycom di Android ini bukan hanya tampilan videonya saja yang kecil, melainkan suaranya juga. Oleh karena itu, jadikan ini sebagai alternatif saja.

Jika pun terpaksa menggunakannya, silakan sambungkan ke LCD Projektor dan Speaker supaya bisa maksimal.

Terakhir, untuk panduan video conference Polycom via Desktop, lain kali kalau sempat akan saya buatkan juga di posting berikutnya. Kalau sempat tapi lho ya!!

Mohon maaf jika ada salah.
Salam Hangat!

0 Response to "Ini Panduan Sederhana Pengoperasian Polycom di Android : Generasi Kolonial Pasti Bisa!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel